Tips Bagi Kalian Mencegah Berita Hoax Di Media Sosial

Di tahun ini adalah tahun di mana terdapat pesta demokrasi besar besaran meliputi pemilihan presiden, Nah mungkin kalian familiar dengan berita atau cerita bohongan atau biasa di sebut dengan hoax. Mulai dari berita pengroyokan, penculikan, tragedi, dan masih banyak lagi. Dengan begitu Berita hoax dapat mudah cepat tersebar melalui sosial media lewat mesin pencarian di platform tersebut.


Lalu ?  bagaimana cara membedakan mana berita hoax dan mana berita benar ? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Perhatikan Keaslian Foto

Tidak hanya tulisan saja hoax juga bisa meliputi foto atau gambar yang telah di edit. para pembuat hoax tentunya sudah memanipulasi sebuah foto lalu ia share di media sosial dengan tujuan provokasi. Jika terjadi hal seperti itu maka kalian harus cek kejadian tersebut di mesin pencarian Google.

Dan kalian bisa bedakan mana foto asli dan mana foto yang telah di edit oleh penyebar hoax.

2. Telusuri Apa Yang Terjadi Sebelum Ikut Menyebarkan Berita 

Mengapa kita harus telusuri terlebih dahulu ? Menurut Tom Stafford, seorang psikolog dari The University of Sheffield kita akan dapat banyak manfaat dengan menjadi lebih ingin tahu atau penasaran. Dengan begitu anda akan mudah menyaring kebenaran di dalam sebuah kebohongan publik.

3. Berhati - hatilah dengan postingan yang provokatif

Ciri khas postingan yang mengandung hoax biasanya bersifat menghasut atau provokatif yang merugikan pihak tersebut. Apalagi jika penyebar hoax tersebut mengambil isi dari surat kabar yang terkenal. 

Untuk itu anda harus mengecek sendiri kebenarannya bisa lewat koran, televisi, web berita (official). Jika sudah anda bisa membedakan lagi keaslian kabar tersebut.

4. Telusuri kembali keaslian akun atau alamat website penyebar berita

Jika Anda menerima berita dari sebuah artikel, coba lihat tautannya. Apakah tautan itu berbentuk blog atau media berita asli? Jangan tertipu, kadang-kadang ada orang yang tidak bertanggung jawab untuk menghasilkan informasi palsu menggunakan tautan yang mirip dengan media berita asli.

Menurut Dewan Pers, lebih dari 43.000 situs di Indonesia mengklaim sebagai media berita. Namun, yang telah diverifikasi tidak melebihi 300. Ini berarti ada kemungkinan bahwa banyak hoax dapat didistribusikan.

5.Laporkan penyebar hoax ke kemkominfo

Setelah melakukan semua metode di atas dan terbukti Anda menemukan berita adalah tipuan, jangan ragu untuk melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui email aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Undang sebanyak mungkin teman Anda untuk mendukung gerakan antihoax. Jika dilakukan bersama, orang tidak akan mudah terpancing oleh berita palsu.

#INDONESIAANTIHOAX #ANTIHOAX

0 Response to "Tips Bagi Kalian Mencegah Berita Hoax Di Media Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel